Kamis, 22 Januari 2009

Lingkungan Kita

Akhir-akhir ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Pencemaran yang disebabkan oleh alam atau ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya menimbulkan berbagai masalah di mana-mana. Misalnya : Banjir, Tanah Longsor, Kebakaran Hutan,dsb.


Jika ditelusuri lebih dalam bencana itu disebabkan oleh ulah manusia yang tidak menyukai lingkungan yang bersih, sehat, aman, tentram.
Banjir tidak akan terjadi apabila orang-orang selalu membuang sampah pada tempatnya, melakukan 3M, selalu menjaga lingkungan sekitar. Kebakaran hutan tidak akan terjadi jika hutan tidak gundul. Hutan gundul karena ulah orang-orang yang usil. Orang-orang yang tidak mau berfikir panjang tentang perbuatan yang mereka lakukan akan berdampak negatif atau merugikan orang lain. Mereka hanya memikirkan kepuasan dirinya sendiri tanpa memikirkan akibatnya bagi orang lain. Mereka hanya ingin mengambil untung demi kemajuan bisnis atau usahanya. Mereka menebangi pohon secara liar tanpa ijin terlebih dahulu kepada yang berwajib dan mereka melakukannya secara besar-besaran dan berkelanjutan.



Penebangan hutan secara besar-besaran dan berkelanjutan akan menyebabkan hutan gundul dan mengakibatkan erosi pada musim hujan sehingga, terjadi pengikisan humus dan tanah. Pengikisan humus selain menyebabkan tanah kritis juag akan menyebabkan air tercemar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar